Tutorial Memasang Favicon Merchant Jejualan

Untuk mempercantik website anda, baik website pribadi maupun website yang memuat bisnis online, anda bisa melakukan beberapa modifikasi. Misalnya dengan membuat favicon.Bagi anda yang belum mengetahui, favicon adalah kependekan dari “favorite icon”, yang berupa sebuah gambar kecil yang berada di website anda.

Biasanya favicon akan muncul disebelah addres bar, pada favorites/ bookmark dan atau pada taskbar. Gunanya untuk menyimpan alamat website anda agar mudah untuk dikunjungi lagi, hampir semacam bookmark namun anda bisa membuatnya lebih personally, lebih cantik dan lebih ekslusif.

Bagi anda yang tertarik untuk membuat favicon, caranyapun sangat mudah.Anda bisa membuat dengan gratis, untuk memasang favorite icon pada website. Cukup dengan meng-upload gambar( bisa format JPG, PNG atau GIF – maksimal 100kb) dan otomatis gambar akan terconvert menjadi ukuran standart untuk favicon yaitu 16×16. Jadi kalau anda memasukkan gambar yang lebih besar dari 16 x 16 maka otomatis gambarakan di resize menjadi ukuran yang standar. Selain favicon biasa, anda juga bisa mengupload transparent favicon yang bisa dibuat dari gambar dengan format GIF.

Nah, untuk membuat favicon pertama-tama anda harus masuk ke generator tools yang menyediakan tools untuk favicon di sini , di link ini , juga di  link ini

dan anda akan bertemu dengan laman ini,

Setelah anda meng-upload gambar yang akan anda jadikan symbol favorite icon, maka yang harus anda lakukan adalah

untuk step selanjutnya, setelah anda menyimpan gambar tadi, anda harus me-rename gambar itu dengan nama favicon.ico sebelum memasukkannya pada root directory di laman website anda.

Jika sudah, masukkan code di bawah ini pada head section/ bagian atas dari HTML anda.

<linkrel=”icon” href=”http://example.com/favicon.ico” type=”image/x-icon”><link rel=”shortcut icon” href=”http://example.com/favicon.ico” type=”image/x-icon”>

 

Pemasangan di jejualan.com

Berikut ini tep by step Untuk pemasangan di web jejualan.com anda. Pertama-tama, bukalah website jejualan anda dan log in.

Kemudian klik Konfigurasi. Silahkan pilih Tampilan dan klik Logo & Footer seperti di lamanberikutini,

Pada pilihan Logo & Footer anda akan menemukan pilihan untuk Favicon, klik tombol browse, dan masukan gambar untuk Favicon yang sudah anda save tadi.

 

Langkah terakhir adalah menyimpan pilihan pada tombol favicon yang sudah anda lakukan, seperi di bawahini

Favicon sudah siap dipasang, berikut ini contoh tampilan favicon pada website

Leave A Comment?

You must be logged in to post a comment.