2 Syarat Nama Domain Yang Baik

Most Helpful Article

Dalam membuat situs e-commerce, hal pertama kali yang harus dipersiapkan adalah nama domain. Nama domain akan sangat menentukan identitas sebuah situs e-commerce. Pemilihan nama domain yang efektif dapat menentukan keberhasilan toko online, begitupun sebaliknya.

Kali ini, kita akan membahas bagaimana sih memilih nama domain yang tepat untuk toko online? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Ada 2 strategi untuk memilih nama domain untuk situs e-commerce, yaitu domain yang mengandung kata kunci atau domain mengandung nama merek.

1. Domain yang mengandung kata kunci

Cara termudah untuk memilih nama domain adalah dengan membuat daftar 15 – 20 frase kata kunci yang berhubungan dengan produk yang kita jual. Misalnya, jika kamu menjual barang furnitur bisa menyisipkan kata kunci “rumah” dalam nama domain atau jika menjual produk make up, bisa memasukan kata kunci “kosmetik”.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain:

Usahakan nama domain tetap pendek.
Usahakan nama domain mudah untuk dibaca/dieja.
Lakukan riset dari beberapa kata kunci uuntuk menemukan nama yang terbaik.
Jangan gunakan tanda hubung atau karakter yang susah dibaca dan diingat.
Contoh nama domain yang mengandung kata kunci:

idwebhost.com (web hosting murah dan domain murah indonesia)

jejualan.com (jasa pembuatan toko online)

2. Domain yang mengandung kata merek/produk

Jika memutuskan untuk memilih nama domain yang mengandung kata merek/produk tanpa kata kunci yang kuat, pastikan situsmu SEO friendly untuk meningkatkan traffic. Yang terpenting disini adalah nama domain harus relevan dengan yang dijual. Misalnya, menggunakan kata ‘Clothes’ maka produk yang dijual haruslah berisi berbagai jenis pakaian. Selain itu usahakan nama domain tetap mudah untuk dieja, diucapkan, dan diingat. Hindari nama domain yang mirip atau hampir sama dengan yang sudah ada, karena berpengaruh pada traffic dan bisa melanggar undang-undang hak cipta.

Setelah menemukan nama domain yang tepat, segera daftarkan domain tersebut. Kami sarankan mendaftarkannya ke domain IDwebhost, karena sudah jelas terbukti kualitas dan pelayanannya, serta harganya yang sangat terjangkau dibanding penyedia jasa domain lainnya.

Leave A Comment?

You must be logged in to post a comment.