Tutorial Pemasangan Kode Google Analytics Jejualan

Jika anda menggemari dunia blogger baik itu untuk sekedar menulis ide-ide anda ataupun menggunakan website sebagai tempat usaha online anda, tentu anda sudah pernah mendengar google analytic. Bagi yang belum pernah mendengar, google analytic mempunyai kelebihan dapat melihat statistic blog seperti berapa banyak pengunjung blog anda perhari, artikel mana yang paling populer dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, kalau anda menggunakan mesin wordpress, anda tidak perlu bersusah payah untuk memasang widget statistic blog karena standar wordpress yang sudah terpasang memiliki fungsi yang hampir sama dengan google analytic. Namun, jika anda memakai blogger, untuk mengetahui statistic pada blog, anda harus menginstal widget seperti google analytic terlebih dahulu.

Nah, secara singkat google analytic merupakan suatu tools yang digunakan untuk menganalisa dan melihat statistic blog khususnya pada blogger. Tujuannya, seperti yang sudah ditulis di atas, adalah untuk mengetahui informasi traffic pengunjung pada blog anda mulai dari apa yang mereka cari di blog anda, dari mana mereka mengetahui bloh anda, berapa lama mereka berada di blog, keyword apa yang mereka gunakan untuk menemukan blog anda dan artikel mana yang paling banyak dibaca, serta masih banyak lagi. Dengan mengetahui traffic di blog anda, maka anda bisa meningkatkan kualitas blog sehingga akan menguntungkan bagi anda yang mempunyai usaha melalui online site ini.

Dan, ini dia tutorial dari awal pemasangan google analytic yang bisa anda aplikasikan pada website jejualan. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Langkah pertama untuk memasang google analytic adalah dengan membuka, http://www.google.com/analytics/ hingga muncul tab seperti di bawah ini,klik sign in kemudian masukkan username dan password.
  • klik SIGN UP
  • Lalu, setelah anda sign up, anda harus mengisikan data pribadi anda seperti yang diinstruksikan di laman berikut,kemudian klik get tracking ID

  • setelah klik get tracking ID maka ini lah kode google analytic anda

  • Setelah kodenya anda simpan ataupun copy, silahkan login ke halaman admin website anda dengan mengisikan username dan password anda.

  • Kemudian klik menu konfigurasi > umum > tampilkan konfigurasi lanjutan. Di bagian field google analytic (bantuan) dan isikan kode google analyticnya.

bagaimana, mudah dan tidak terlalu rumit bukan? Setelah anda menggunakan google analytic di blog anda maka anda bisa memantau traffic pengunjung di website anda dengan mudah. Dengan adanya google analytic diharapkan dapat meningkatkan penjualan di website anda.

Leave A Comment?

You must be logged in to post a comment.