Tips Membuat Foto Produk Tampil Maksimal Dengan Peralatan Sederhana

Kanca Jejualan merasa bete nggak sih kalau punya produk, kita foto, tapi hasilnya kurang maksimal? Padahal pintu utama buat jualan online itu adalah foto. Nah, pertanyaan yang pastinya muncul dalam benak kita adalah, bagaimana cara kita membuat foto produk agar lebih menarik? Yuk mari kita simak ulasan berikut :

Foto Produk adalah salah satu faktor yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya Kanca Jejualan dalam menjual produk. Foto produk yang baik harus menggambarkan suatu produk dengan jelas dan fungsional. Apalagi jika Kanca Jejualan berjualan secara online. Calon pembeli tidak dapat melihat produk secara langsung dan tidak mungkin kita jelaskan seluruhnya, maka  foto produk yang baik dapat membantu menjelaskannya.
Kanca Jejualan tidak perlu memiliki peralatan yang mahal atau menyewa fotografer yang profesional untuk menghasilkan foto yang baik. Kita dapat membuatnya dengan cara yang sederhana dan peralatan yang mudah didapat.

Ada beberapa tips yang perlu kita lakukan untuk menghasilkan foto produk yang baik dan menarik, diantaranya :

1. Gunakan Sumber Cahaya yang Baik
Cahaya adalah element penting dalam proses pengambilan gambar. Jika tidak ada sumber cahaya yang baik, detail produk Kanca Jejualan tidak terlihat maksimal. Jika cahaya terlau terang, juga foto produk tidak jelas atau terlalu silau. Hal ini dapat kita atasi dengan proses pengambilan gambar produk tersebut di luar ruangan, dengan kondisi ruang yang tidak mendapat sinar matahari secara langsung. Contohnya, di ruangan yang memiliki banyak jendela dan pintu, atau di teras rumah sehingga sinar matahari dapat masuk dengan bebas. Untuk pengambilan gambar di luar ruangan waktunya terbatas. Hanya bisa dilakukan di pagi hari hingga sore hari saja, ketika matahari berada pada sinar terbaiknya.
Selain solusi di atas, ada cara mudah lain yang dapat kita lakukan. Caranya dengan membuat kotak cahaya dari kardus bekas dan lampu belajar. Pengambilan gambar dengan metode ini, hanya bisa dilakukan untuk produk dengan ukuran yang terbatas menyesuaikan ukuran kardus yang digunakan. Hal baiknya, pengambilan gambar dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

2. Gunakan Skala Acuan Untuk Dimensi Produk
Skala Acuan adalah ukuran yang digunakan untuk mengimbangi produk. Seringkali pembeli ingin mengetahui ukuran dan berat produk yang ingin mereka beli. Sedetail apapun spesifikasi produk yang kita deskripsikan, pasti tidak akan cukup untuk memberikan acuan sebenarnya.
Cara sederhana supaya pembeli tidak bingung yaitu, menggunakan objek universal dan meletakkan objek acuan berdampingan dengan produk kamu. Misalnya, berdampingan dengan uang koin, DVD, atau vas bunga. Apabila produk berukuran cukup besar, bisa mencari objek lain untuk mengimbangi.

3. Edit dan Gunakan Efek
Proses editing adalah kunci performa sebuah gambar. Agar tampilan foto produk Kanca Jejualan semakin menarik, silakan lakukan editing pada hasil pengambilan gambar. Pada proses ini bisa ditambahi efek tertentu untuk membuat gambar semakin dramatis, hanya saja jangan berlebihan dalam mengedit dan memberikan efek dalam foto produk kamu.
Selain itu juga jika ingin tampilan semakin menarik, dapat digunakan peralatan sederhana seperti kertas manila hitam/putih, lampu duduk, flash handphone dan plastik warna warni pada proses pengambilan gambar agar tampilan produknya menarik.
Untuk tambahan saja, jika kita ingin mengambil foto produk menggunakan handphone, Kanca Jejualan yang memiliki fasilitas kamera 2MP sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto yang menarik.

4. Foto Produk dari Berbagai Sudut
Pengambilan gambar dari berbagai sudut bisa disebut juga angle object. Satu sudut foto tidak akan pernah cukup untuk mendapatkan foto terbaik. Biasanya, produk terlihat menarik karena pemilihan angle foto yang tepat. Semakin detail kamu menggambarkan produk yang dijual, maka pembeli akan semakin yakin untuk membelinya. Buatlah album atau galeri sendiri untuk setiap produk yang kamu tampilkan.

5. Jujur
Jujurlah dalam memberikan detil dari produk kamu. Jika memang produknya bekas, berikan detil bagian yang memiliki nilai minus dari produk tersebut. Tulis kekurangan produk di bagian deskripsi dan sertakan foto asli produk.
Dengan kejujuran tersebut, maka integritas antara penjual dan pembeli akan tetap terjaga, dan menghindari kemungkinan terjadinya komplain.

Nah,, itu dia beberapa tips yang sangat penting agar foto produk tampil maksimal plus menarik dan tentunya dengan peralatan sederhana. Semoga berhasil ya… :)

Leave A Comment?

You must be logged in to post a comment.